Tuesday, February 7, 2017

Cara Membuat Bootable LInux Mint Dengan USB Flashdisk

  No comments
Assalamualikum Wr.Wb




       Pada postingan ini saya akan memberikan tutorial membuat bootable Linux Mint. yaa... tidak perlu banyak basa-basi lagi langsung saja kita simak tutorial dibawah ini. 
A. Pengertian

          Bootable merupakan sebuah fasilitas yang ada pada setiap sistem operasi, dimana ditempatkan pada media penyimpanan yang berupa flashdisk, CD/DVD ROM atau media penyimpanan lainnya. Mengapa dinamakan dengan bootable? Karena sistem operasi akan melalui first boot menggunakan sebuah media penyimpanan. Booting yang dilakukan harus melalui tahapan-tahapan yang benar, misalnya saat akan mengatur pengaturan pada BIOS. Pada BIOS tentunya harus ditentukakan sesuai dengan media apa yang akan digunakan nantinya, apakah itu Harddisk, CD/DVD ROM, Flashdisk atau media penyimpanan lainnya. Pengaturan seperti itu dapat dilakukan pada menu boot kemudian set boot order setelah itu tinggal atur first boot atau booting awal.

 B. Latar Belakang

           Tutorial kali ini sangatlah berguna bagi pemula untuk mendalami atau mempelajari Linux. Linux Mint merupakan salah satu distribusi Linux dengan basis Debian dan Ubuntu yang cukup mudah dioperasikan oleh para pemula.

C. Maksud dan Tujuan

           Jika kita ingin menginstal operasi ada baiknya kita menoba tutorial ini, agar kita tahu dan tidak salah pada saat menginstall sistem operasi yang benar.

D. Alat dan Bahan
  1. Laptop / PC
  2. ISO Linux Mint
  3. USB Flashdisk
E. Waktu Pelaksanaan 
      
   Jangka waktu yang saya butuhkan ialah sekitar 20 menit  .

F. Tahap Pelaksan
  
         Pertama klik tombol menu dan ketikkan "USB Image Writer". Kemudian klik aplikasinya.

         
      Setelah kalian membuka tool tersebut maka akan munul tampilan seperti diabawah ini. Kemudian colokkan flashdisknya..
       
      pilih file instalasi Linux Mint 18 nya dengan cara browser file dan juga pilih flashdisk yang sudah dicolojin untuk dijadikan Bootable. Dan juga klik tombol "write" dan tunggu proses beberapa saat.



  

      
        Setelah selesai akan ada pesan peringatan lalu klik "ok" saja terus klik "close" dan bootable siap digunakan.
     
   G. Kesimpulan
          Kita tidak memerlukan software yang harus di download untuk membuat bootable, kita hanya membuka software yang sudah tersedia di Linux Mint "USB Image Writer "
 
  Wassalamualaikum. Wr. Wb. 

No comments :

Post a Comment