Friday, February 16, 2018

5 Alasan Kenapa Hacker Memilih Linux dari pada Windows

  No comments



Gang, alasan mendasar hacker menggunakan Linux adalah karena kemampuan untuk melihat setiap baris kode Linux dan patch ketika masalah muncul. Lebih lanjut, inilah 5 alasan kenapa hacker memilih Linux daripada Windows.

1. Open Source

Alasan yang pertama adalah lantaran Open Source. Linux adalah sistem operasi gratis yang 100% open source. Itu artinya, semua kode untuk membuat OS Linux bisa kalian dapatkan secara gratis, Gang. Kalian pun bisa menemukan berjuta-juta jenis OS Linux yang dibuat oleh berbagai macam orang dari seluruh penjuru dunia. Kalian pun dapat dengan mudah memodifikasi kode sumber OS sesuai kebutuhan lho, Gang. Ditambah, sebagian besar aplikasi yang berjalan di sistem operasi ini juga open source dan sangat menguntungkan. Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, ada alternatifnya di Linux. So, dengan sistem ini, tentu sangat mudah bagi kalian untuk mengembangkan software sesuai dengan yang kalian butuhkan kan?

2. Stabilitas

Alasan yang kedua adalah stabilitas. Tak dapat dipungkiri, komputer Windows, umumnya membutuhkan prosesor dan VGA yang besar, untuk membuat OS-nya bekerja dengan maksimal. Tapi tidak untuk Linux. Linux didesain sangat ringan, sehingga kalian bahkan hampir tak dapat membedakan komputer dengan spesifikasi tinggi maupun rendah. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dengan bermacam software gratis yang dibuat oleh beragam developer, Linux tentunya menjadi pilihan terbaik dalam mencari software yang paling stabil. Meski software-nya gratis, kalian dapat membayar para developer untuk mengembangkannya. Jadi jangan takut Linux akan kalah dengan OS lainnya ya!

3. Keamanan Lebih Unggul

Alasan ketiga ialah keamanan yang lebih unggul. Hampir sama seperti Apple, Linux memiliki sistem keamanan yang lebih unggul dibanding Windows. Dapat dikatakan semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware dan sejenisnya. Hal ini hampir mustahil terjadi pada Linux, Gang. Sejak awal, Linux didesain multi-user. Jika ada virus yang menjangkiti user tertentu, akan sangat sulit untuk menjangkiti dan menyebar ke user lain. Dijamin deh! Barangkali ini lantaran mayoritas pengguna Linux adalah programmer sendiri, yang tentunya membuat para hacker agak kesulitan ya untuk membuat virus mereka berkembang di Linux. Hehe..

4. Dukungan Banyak Bahasa Pemrograman

Di posisi keempat, adalah dukungan banyak bahasa pemrograman. Bahasa program sangatlah banyak, Gang. Mungkin yang orang awam ketahui hanya sebatas HTML dan CSS saja. Tapi di samping itu, sebenarnya masih banyak banget bahasa pemrograman yang lainnya, seperti  C++, Java, PHP, Ruby, Python, Perl dan masih banyak lagi. Perlu diketahui, untuk menjalankan berbagai macam bahasa program seperti ini sangatlah sulit. Tapi tidak untuk Linux. Di Linux, kalian bisa menggunakan semuanya. So, buat kalian yang tak mengerti banyak soal pemrograman, jangan harap kalian bakal menyukainya ya. Hehe..

5. Tools Hacking Yang Lengkap

Alasan kelima alias yang terakhir ialah tools hacking yang lengkap. Banyak orang beranggapan jika hacker biasanya menggunakan software. Yaa.. Mereka bisa dibilang sebagai hacker. Namun kenyataannya, istilah hacker tidaklah sesempit itu, Gang. Hacker kawakan, umumnya menggunakan berbagai macam cara untuk menembus target mereka. Mulai dari software biasa seperti John the Ripper, NMAP, Nessus, Wireshark, EtherApe, Kismet, TCPDump, Firestarter, THC Hydra, Dsniff hingga menggunakan berbagai macam hardware pendukung lainnya. Tapi balik lagi, kalo kalian sendiri nggak ngerti koding, ya gimana mau menjalankan OS ini, Gang? hihi.. Jadi jangan kecewa ya jika kalian akan menghadapi banyak masalah di awal. Dan jangan takut apalagi bimbang, sekarang udah tersedia banyak video untuk mempelajari Linux. Mulai dari YouTube hingga online tutor yang live. Kalian bisa bertanya langsung pada ahlinya!

No comments :

Post a Comment